Universitas Internasional Semen Indonesia
Mahasiswa Teknik Logistik Magang di Semester 4

Tidak seperti di kampus lainnya, di UISI mahasiswa semester empat sudah bisa magang. Program ini disusun bersama oleh pihak kampus dan perusahaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Termasuk mahasiswa di Departemen Teknik Logistik yang mendapatkan kesempatan ini. Empat mahasiswa terpilih dari Teknik Logistik angkatan pertama yang bernama Hikmah Sekarningtyas, Amanda Putri Sikumbang, Bayu Rahmat Hidayat, dan Nur Aulia Fujiana menjalankan magang yang bertempat di pabrik semen Tuban.

Ketika ditanya bagaimana bisa ikut program magang ini, salah satu menanggapi bahwa “sekitar bulan desember itu ada open recruitment, kira-kira yang daftar hanya sekitar 12 orang. Rencana di ambil 6 orang, tetapi ternyata hanya 4 saja. Dulu rencana berangkat bulan februari. Tetapi karena ada kendala akhirnya diundur jadi bulan juli. Kemudian, tahapan dalam seleksi itu ada pendaftaran, tes, sama wawancara.” ujar perempuan yang akrab disapa dengan Hikmah.

Program magang dilakukan selama bulan Juli, mereka ditempatkan di bagian Section of Distrans Planning and Eval. Hikmah menceritakan apa saja yang mereka kerjakan selama magang, “kami disini dibagi menjadi berkelompok. 1 kelompok 2 orang. Saya dan mbak Aulia bagian mencari biaya terkecil pengiriman baik dari jalur darat maupun jalur laut. Kalau mas Bayu dan mbak Amanda mencari rute terpendek dengan biaya termurah dari aspek pendistribusian.” Lalu ketika ditanya bagaimana dengan ilmu yang diimplementasikan dengan ilmu yang telah diperoleh selama belajar di kelas.. “Ilmunya disini pertama kami harus benar-benar paham mengenai mata kuliah teori jaringan, riset operasi 1 dan 2, plus solver harus lebih baik. Dan kami mempelajari lebih dalam mengenai open solver. Antara solver dan open solver memang hampir sama, namun diantara keduanya memiliki perbedaan.”

“Di sini kami sangat dihargai, serasa kami bukan sedang magang. Karena bapaknya suabar banget. Asik deh…” tambah Hikmah bersemangat. Memang, program magang di awal semester ini harus dilaksanakan dengan baik dan dilanjutkan ke mahasiswa angkatan berikutnya. Program seperti ini akan memeberi pemahaman ke mahasiwa bagaimana dunia kerja yang sebenarnya dan mampu menumbuhkan mahasiswa yang unggul di bidangnya.